Friday, January 4, 2013

Playlist Saat Hujan Versi Pribadi

Musim hujan mungkin saja akan berakhir setelah tahun baru. Sementara hujan mungkin selama ini telah menjadi inspirasi oleh penulis-penulis puitis yang lantas mengetik kata-kata yang dramatis itu di linimasa. Sayang sekali hujan bukan penanda suasana hati. Hujan bisa saja berhenti, tapi pedih takkan hilang menjelang pagi.
Ribuan tahun yang lalu datang masanya kepada saya dimana tetesan hujan menjadi terapi penghilang ganjalan yang terasa di kepala. dulu sekali sangat sering kiranya saya tantang hujan dengan menatap ke atas, tidak sampai berteriak seperti di layar kaca, tapi cukuplah untuk dikatakan "terbelakang mentalnya".
Sekarang hujan kembali datangnya tak terduga. seiring bergantinya tahun dan musim.
Berikut ini merupakan lagu-lagu pengantar saya menunggu hujan reda. 

1. The Doors - Riders On The Storm



Saya sangat setuju apabila ada yang mengatakan kalau jimmy morisson adalah seorang yang sangat puitis. Dengan gaya bahasa yang kasar dan berteriak dia bisa menyiratkan kesan yang berkelas sekaligus romantis. Lirik-lirik nya yang poetic membuat saya memfavoritkan The Doors untuk menemani di wahana psikadelia.

2. Pink Floyd - Hey You



sekiranya Syd Barrett masih waras dan Gilmour tetap menjadi sahabatnya mungkin the Beatles hanya akan jadi sekelas dengan New Kids On The Block. Beruntungnya saya yang pertama kali mendengarkan Dark Side Of The Moon lewat perangkat piringan hitam. Pink Floyd adalah Enstein dalam musik menurut saya.

3. Gorillaz - Tomorrow Comes Today



tak ada kesan lebih terhadap lagu ini. Cermati liriknya dan nikmati emosi yang terbangun. Mudah-mudahan Damon Albarn tetap sinting dalam merangkai lirik.

4. Damien Rice - Amie



Dulu sekali sewaktu dompet isinya masih teratur dan sangat terduga, suatu hari saya datangi suatu toko buku dan cd yang terletak di selatan jakarta. Secara acak saya mengambil 2 buah cd yang saya belum pernah dengar sebelumnya. Cd pertama adalah album "O" nya Damien Rice dan cd kedua adalah "takk" nya Sigur Ros. Dan kemudian seingat saya, saya pulang dalam keadaan basah kuyup oleh hujan dan penasaran.

5. Sigur Ros - Hoppipolla



Album "takk" adalah cinta pertama saya terhadap grup musik islandik ini. Lirik yang aneh tapi mengalun membius. Kover album yang imajinatif dan misterius. Dan suatu hari nanti dikala hujan turun dan sedang duduk berdua dengan anak, "takk" adalah salah satu album yang saya perdengarkan kepadanya.

6. Death Cab For Cutie - Transatlanticism



Lagu ini penuh dengan kenangan. Dan sekarang cukup saya nikmati di kala hujan dan segelas kopi hitam ditangan. Mungkin masih ada sedikit cerita yang tetap saya simpan.

7. Air - Surfing On A Rocket



Sudah cukup dengan melodrama murahan ala hujan di waktu senja. Tiba saatnya menggulung lengan dan kencangkan pikiran. Kehidupan berputar, perasaan bisa mati dan menghilang bersisa kenangan. Saatnya bangkit dan teriak lantam dalam hati. "terpujilah musisi synthpop!"

8. M83 - Midnight City



Dulu sekali pernah seorang gadis manis menukarkan cd berisi lagu-lagu M83 dengan cd kompilasi versi saya. Cd entah berada dimana tetapi ingatan masih saja bertahan sampai sekarang.

9. The XX - Islands



The XX adalah bukti bahwa cuaca se-gloomy Camden dapat melahirkan musisi-musisi yang jenius mencipta beat-beat catchy. Terima kasih kepada teman serumah saya yang memperkenalkan mereka beberapa tahun yang lalu.

10. Radiohead - Jigsaw Falling Into Place



Lagu ini adalah lagu penambah semangat. Lihat keluar, hujan telah reda, hubungi kawanmu, mulailah diskusi kalian. Sementara biarkan si jenius Thom meneriakkan kenangan yang pernah dibunuhnya.

No comments:

Post a Comment