Sunday, December 30, 2012

10 favourite songs of 2012.

Hal paling mudah untuk mengatur emosi dan suasana hati menurut saya adalah dengan cara mendengarkan musik. Dengarkanlah musik cengeng irama melayu dengan lirik-lirik mudah yang tak perlu berfikir; maka bisa dipastikan bikin kita jadi gampang berhayal dan murahan, imajinasi menjadi terbatas dengan lirik yang terlalu mudah dicari artinya itu. Tapi coba kau dengar musik-musik orchestra yang pintar serta misterius itu. Samudra seluas Bimasakti pun bisa rasanya untuk kau selami dan teliti.

Tahun 2012 bukan tahun yang paling gemilang buat saya. problema datang dan pergi. Banyak hal yang menunggu untuk diteliti dan diperbaiki. Sangat besar harapan saya supaya tahun 2013 tidak se-tidak-menarik- 2012.

Mungkin beberapa fase naik turunnya suasana hati sedikit banyak mempengaruhi lagu-lagu yang paling sering saya dengarkan.
Berikut adalah lagu-lagu pengisi kotak playlist di tiap layar elektronik yang saya gunakan. Mungkin tidak semuanya bisa saya rinci. tapi cukuplah untuk mewakili.

Silahkan dinikmati.

1. Kimbra - Wandering Limbs




Lagu ini cukup mengayun perasaan buat saya. Seperti lagu pembuka dalam suatu adegan dimana sang tokoh utama baru turun dari taksi di bandara udara hendak bepergian ke tempat baru. tidak terlalu sendu dan mengawang diantara perasaan senang. Pengisi pikiran yang haus akan pengalaman.

2. Death Cab For Cutie - You're A Tourist



Merasa sangat bersyukur bisa menyempatkan diri menikmati pertunjukkan mereka secara langsung februari lalu di Fort Canning - Singapore. Memulai pengalaman nonton Konser di luar negri dengan berlari karena terlambat setelah sebelumnya menikmati suasana malam. Dan kemudian menutup perjalanan pulang dengan 3 gelas Abshinte. Mengesankan.

3. Stars - Your Ex-lover Is Dead



4. Stars - Take Me To The Riot



Dua lagu dari Grup musik ini adalah lagu favorit saya. dua lagu yang cukup bersebrangan dalam penciptaan suasana hati. Yang satu gelisah karena nostalgi akan masa lalu dan yang satu lagi anthem penyemangat sebelum memarkirkan kendaraan di parkiran bar untuk kemudian larut dalam cerita dan gelas yang terisi. Walaupun sebenarnya keseluruhan album-album mereka sangat menarik untuk didengarkan berulang-ulang.

5. Jeff Buckley - Everybody Here Wants You



Mungkin cuma Jeff Buckley saya rasa satu-satunya musisi yang membuat perasaan merasa melankoli menjadi sekelas dengan kemeja Ben Sherman yang mahal itu. Lirik dan emosi yang dibangun setiap lagu nya cukup bercerita dan mengaduk perasaan. Sayang beribu sayang dia terlalu cepat menghadap Tuhan. Mudah-mudahan dia hidup tenang dan bahagia di surga.

6. Tamburada - Mardiven



Mendengarkan lagu ini sangat terasa menyenangkan dalam menyambut hari. Jalanan jakarta yang tiba-tiba menjadi terasa penuh warna seakan sedang memainkan sebuah adegan laga yang cukup menarik untuk disyaratkan dalam sebuah senyuman jenaka.

7. Skrillex & Damian "Jr. Gong" Marley - Make It Bun Dem



Menikmati skrillex bukan selalu harus berdistorsi sendat atau dub-step melulu. Dan olahan lagu Damian Marley yang ini terasa cukup membangun optimisme buat saya. Saya menyukai hits yang ini entah karena memang sejak dulu memfavoritkan Damian Marley atau cuma memenuhi rasa penasaran saya akan olahan lagu dari skrillex.

8. Silversun Pickups - Lazy Eye



Memang beberapa lagu disini bukanlah lagu-lagu segar rilisan terbaru. Seperti lagu dari silversun pickups ini. Mereka bukanlah band yang baru muncul tapi entah bagaimana caranya lagu yang ini cukup sering saya dengarkan sewaktu mendengarkan musik ataupun bersenandung kecil yang acak.

9. Van She - Jamaica



Beberapa tahun yang lalu disaat semua baik-baik saja dan bahkan Coldplay belum juga merilis albumnya yang "Viva La Vida & Death & All His Friends." seorang teman memperdengarkan saya grup musik ini yang baru terkenal. Dan single paling baru mereka ini memperlihatkan kalau mereka semakin matang dalam mengolah melodi.

10. Toe - Goodbye



Penilaian kalau bangsa jepang adalah makhluk yang pintar tidak perlu meneliti lebih panjang. dengarkan lagu ini dan kagumi. mereka terliahat sangat menikmati setiap petikan dan suara yang keluar dari tiap instrumen.

2 comments: